Rabu, 23 Februari 2011

Dikritik rekan kerja? Be positive!


Terkadang kita sering dibuat dongkol oleh kritikan rekan kerja. Telinga menjadi panas dan darah serasa mendidih mendengar kritikannya terhadap pekerjaan kita. Kita merasa rekan kerja mulai memiliki maksud-maksud menjatuhkan reputasi kita di tempat kerja. Hal ini seringkali menyebabkan kita menyikapi kritikan tersebut dengan emosi dan sikap yang tidak simpatik. Walhasil, hanya permusuhan dengan rekan kerjalah yang kita dapatkan.

Padahal sebenarnya kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari sebuah kritikan. Apabila kita tinjau dari segi arti katanya, kritik bermakna positif yakni penganalisaan dan pengevaluasian sesuatu dengan tujuan meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan. Sehingga semestinya sebuah kritikan dapat menjadi kontribusi yang bermanfaat membantu meningkatkan hasil kerja.


Sesaat setelah menerima kritikan dari rekan kerja tentang hasil kerja kita, pandai-pandailah menilai apakah kritik tersebut membangun atau destruktif. Apabila kritik tersebut dilontarkan rekan kerja dengan kata-kata yang bisa melemahkan rasa percaya diri, seperti pemakaian kata 'bodoh' atau 'goblok', anda harus cepat mengantisipasinya karena ini termasuk kritikan destruktif. Dan hal terbaik yang harus anda lakukan adalah mengabaikannya. Kritikan yang tidak membangun selain dapat melemahkan rasa percaya diri juga dapat mempengaruhi kinerja dan produktifitas anda.

Namun apabila rekan kerja anda memberikan kritikan terhadap hasil kerja anda secara proporsional, maka perhatikanlah kritikan tersebut dengan seksama. Anda harus bisa berbesar hati dan menyadari bahwa anda hanyalah manusia biasa yang tak lepas dari melakukan kesalahan. Buka pikiran anda tentang hal positif yang dapat anda peroleh dari kritikan tersebut guna meningkatkan hasil kerja. Kemudian pahami kritikan tersebut agar dapat menjadi masukan dalam memperbaiki kesalahan yang telah kita perbuat. Jangan pernah berfikir bahwa harga diri anda akan jatuh karena mengakui kesalahan. Karena itu hanyalah pikiran picik yang perlahan akan mengkerdilkan jiwa anda.

Hal lain yang penting untuk anda pahami adalah kritik yang dilontarkan rekan kerja bukan berarti ia tidak menyukai anda secara personal atau menilai anda tidak kompeten melaksanakan pekerjaan. Berpikirlah positif bahwa rekan kerja hanya ingin anda melakukan pekerjaan dengan lebih baik dan meningkatkan kinerja demi kebaikan karir anda di perusahaan.
(sumber ww.perempuan.com/ 9-2-2011)

1 komentar: