Jumat, 25 September 2009

CERDIK MENGATUR KEUANGAN

Saat ini harga-harga makanan pokok semakin melambung tinggi tetapi pendapatan anda tidak juga meningkat. Apalagi bulan puasa ini pengeluaran sudah pasti akan bertambah banyak, belum lagi hari raya lebaran. Untuk itu, ada baiknya anda ikuti trik berikut ini agar hemat dalam menggunakan uang.

Hal yang paling berkaitan dengan efektifitas pengelolaan anggaran dalam rumah tangga atau pribadi adalah menghemat uang dengan hanya mengeluarkannya untuk keperluan yang benar-benar anda butuhkan.

Untuk memulai rencana penghematan, anda bias mengambil pena dan membuat catatan seberapa banyak uang yang perlu anda keluarkan untuk kebutuhan dalam bulan ini dan seberapa yang harus anda sisakan untuk ditabung.

Untuk kebutuhan sehari-hari maka anda bisa membuat daftar belanjaan sebelum berangkat berbelanja. Mulai dengan barang yang paling besar dan membutuhkan dana lebih, cari celah dengan harga yang masih memungkinkan anda dapat menyisakannya untuk keperluan yang lain, lalu menurun ke skala barang yang lebih tidak mahal.

Hindari bujukan discount. Sebaiknya sebelum anda tergiur merogoh kocek untuk membeli barang berlabel ‘sale’, pikir sekali lagi apakah barang tersebut benar-benar anda butuhkan.

Sediakan kotak celengan, masukan uang-uang receh kembalian ke kotak itu. Di akhir bulan anda bias mengambilnya sehingga bisa anda gunakan untuk membayar hal-hal kecil lain di bulan berikutnya..

Jika anda mempraktekkan hal di atas, anda bisa menghemat pengeluaran setiap bulannya. Anda bisa mengatur pengeluaran bersama pasangan agar segala sesuatunya bias terkendali.

Semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar