Selasa, 06 Oktober 2009

Kesehatan: LEBIH NIKMAT MENYANTAP SUP

Dalam jamuan makan yang lengkap, sup umumnya disajikan sebagai hidangan pertama. Memang untuk mengawali ‘prosesi’ makan, sup dapat berfungsi sebagai pembangkit rasa (appetizer). Demikian pula, setelah sehari penuh berpuasa, menikmati sup sangatlah nikmat.

Dilihat dari jenisnya, sup ada beberapa macam. Dan, cara menikmatinya juga berbeda-beda. Sup encer biasanya disajikan dalam mangkuk ‘consomme’ yang kecil dan memiliki pegangan di kedua sisinya. Kamu dapat mempergunakan sendok atau langsung menghirupnya dari mangkuk. Sebelum menghirup, sebaiknya kamu mencoba dulu dengan sendok, jangan sampai sup tersebut terlalu panas untuk dihirup. Sayuran atau mi yang tersisa di dasar mangkuk dapat dimakan dengan bantuan sendok.

Sementara itu “sup yang lebih kental” atau cream soup, biasanya disajikan dalam piring sup yang lebih besar dibandingkan mangkuk consomme’. Bila dihidangkan bersama crackers, tetaplah makan crackers secara terpisah, jangan dimasukkan ke dalam sup. Demikian juga dengan roti, biarkan tetap di piring roti dan dimakan dengan dicuil pakai tangan.

Meminum dengan sendok dilakukan dari sisi samping sendok dan jangan pernah menyuapkan seluruh sendok ke dalam mulut. Jika sudah selesai, letakkan sendok di bawah atau disisi kanan mangkuk. Jangan biarkan terletak di dalam mangkuk.

Selamat mencoba !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar