Kamis, 08 Oktober 2009

STRATEGI CERDIK SELAMATKAN PEKERJAAN

Di tengah situasi perekonomian yang tidak menentu, selalu ada kemungkinan perusahaan bangkrut atau terjadi pengurangan tenaga untuk efisiensi atau untuk menyelamatkan perusahaan. Anda semua tentu mengharapkan tidak termasuk dalam daftar karyawan yang akan diberhentikan. Berikut ada beberapa saran para ahli untuk melindungi keuangan dan pekerjaan anda.

1. Jadilah seorang renaissance. Dalam bekerja, usahakan jangan perhitungan. Kerjakan tugas yang diluar job description anda, sehingga akan dibutuhkan beberapa bagian perusahaan anda. Fokus pada tugas yang dapat meningkatkan ketrampilan anda dan memberikan manfaat kepada perusahaan. Jika anda terbiasa bekerja sendiri maka coba dapatkan pengalaman bekerja dalam tim.

2. Siapkan tabungan. Sediakan dana jika terjadi hal yang paling buruk atau dengan kata lain anda harus punya tabungan yang minimal mencukupi kehidupan anda selama 3 bulan saat anda belum mendapatkan pekerjaan baru. Jika anda sangat yakin termasuk dalam barisan yang akan dikeluarkan dan anda perlu dana untuk biaya hidup sampai anda menemukan pekerjaan berikutnya, cobalah cari pekerjaan paruh waktu atau pekerjaan yang tidak terikat waktu.

3. Sebarkan selentingan. Belum siap berburu pekerjaan secara penuh, maka paling sedikit edarkan nama anda. Buat jaringan lewat organisasi profesional atau sosial. Selain itu buat daftar nama kolega yang bisa dihubungi jika terjadi sesuatu yang paling buruk.

4. Jangan pergi walaupun di PHK. Anda bukan disarankan untuk bertahan dan tidak ingin meninggalakn tempat kerja anda. Maksudnya adalah walaupun anda sudah diberhentikan atau termasuk tenaga yang dikurangi maka ada kemungkinan masih ada beberapa tugas yang harus diselesaikan. Tanyakan apakah anda dapat mengerjakan seluruh tugas atau sebagian dari tugas anda. Mantan bos anda akan menjadi klien pertama untuk bisnis baru anda.

Semoga !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar